Senin, 02 November 2009

MPPL1

1. Manajemen proyek Perangkat Lunak (PL) yang efektif berfokus pada 3 P, dimana harus berurut yaitu :
• PEOPLE : Elemen terpenting dari suksesnya proyek
• PRODUCT /PROBLEM: Software yang dikembangkan
• PROCESS : Suatu kerangka kerja dari suatu aktifitas dan kumpulan tugas untuk memgembangkan PL
• PROJECT (tambahan): Penggabungan semua kerja untuk membuat produk menjadi kenyataan

2. Constantine, mengusulkan 4 paradigma organisasional bagi tim RPL
1. Paradigma Tertutup
Membentuk hirarki otoritas tradisional ( mirip tim CC) tetapi kurang inovatif
2. Paradigma Random
Membentuk tim longgar & tergantung pada inisiatif individual tim, untuk inovasi sangat baik(unggul) bila unjuk kerja tim teratur.
3. Paradigma Terbuka
Membentuk tim dengan cara tertentu sehingga banyak kontrol, inovasi banyak . Cocok untuk masalah yang kompleks tetapi tidak seefesien tim lainnya
4. Paradigma Sinkron
Mengorganisasikan tim untuk bekerja pada bagian-bagian kecil masalah dengan komunikasi aktif pada tim

3. Initiation [inisiasi]:
• Pendefinisian sasaran dan tujuan
• Penentuan lingkup kerja
• Penetapan kelayakan waktu, teknis dan finansial
• Perancangan proses guna pencapaian tujuan
• Pemilihan dan pembangunan tim
Directing [pengarahan]: menyampaikan tujuan, sasaran, standar kinerja dan tanggung jawab kepada staf
Measurement [pengukuran]: memantau kemajuan, hasil kerja dan kualitas kerja
Control [kontrol]: melakukan pengawasan dan perubahan terhadap prioritas, standar, pekerjaan, penugasan dan alokasi sumber daya perusahaan untuk memastikan tujuan proyek tercapai
Termination [penyelesaian]:
• Menyerahkan hasil kerja yang deliverable
• Perencanaan sumber daya dalam transisi untuk penugasan baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar