Selasa, 18 Agustus 2009

KOMAS 14

MATERI XIV

SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTER DI MASA

DEPAN

 

14.1 Komputer di Luar Tempat Kerja

a.     Computer for Home And Personal Use

-       Komputer yang digunakan hampir pada setiap orang atau rumah mempunyai komputer

-       Biasanya komputer mikro yang digunakan untuk keperluan berikut :

v Pengolahan kata

v Spreadsheet

v Games

 

b.     Electrical Gadgets

-       Peralatan elektronik yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, biasanya bersifat elektronis seperti :

v Kalkulator

v Pengamanan, dsb

 

c.      Computerized Cars

-       Komputer yang digunakan pada kendaraan bermotor sehingga bisa membantu manusia sebagai pemandu, penghematan,  dalam berkendaraan. Seperti :

v Mencari jalan alternatif, jika terjadi kemacetan

v Memandu tujuan bagi orang yang tidak mengetahui jalan, dsb.

 

d.     Computerized Homes

-       Komputer rumah, biasanya digunakan untuk keperluan pribadi

-       Seperti : games, pengolahan kata, dsb.

 

e.      Home Banking and shopping

-       Electronic Funds Transfer (EFT) adalah tingkatan yang membuat sistem bisa mengirim dana melalui komputer dari satu laporan ke yang lainnya tanpa menggunakan cek tertulis.

 

f.       Cottage Industries adalah kumpulan industri mirip bisnis berbasis perumahan

 

g.     Computer In Education

-       Learning about Computer

-       Computer-Enhanced Instruction

Computer-Assisted Instruction (CAI) adalah kegunaan dari komputer untuk mengajarkan secara otomatis instruksi-instruksi dengan jalan pelajar bisa mengetahui sejauh mana kemampuannya sendiri.

 

h.     Computer In entertainment and Leisure Activities

-       Sports

-       Films

-       Music

Electronic Synthesizer adalah sistem komputer yang menyimpan dan mengolah suara.

 

i.       Computer In Science and Health Care

-       Science

Simulation adalah teknik dimana model dari obyek hidup nyata atau situasi dibangun atau dicoba dibuat konstruksi semirip obyek atau situasi yang sedang berlansung.


-       Health Care

Computerized Axial tomography (CAT) adalah teknologi komputerisasi medis yang menyediakan imaginasi tiga dimensi dari organ dalam manusia.

 

14.2 Artificial Intellegence

-       Artificial Intellegence adalah kemampuan mesin untuk melakukan kegiatan yang merupakan karakteristik dari kepandaian manusia seperti merasakan dan berpikir.

a.     Expert System adalah program atau sistem komputer yang menyediakan tipe dari petunjuk yang akan ditunggu oleh para ahli.

 

b.     Komponen dari Expert Sistem

Expert System Shell adalah Expert System yang dijual dengan batasabn hanya pada basis pengetahuannya.

 

c.      An In-Depth example of an Expert System

Expert system yang berbasis pengetahuan yang hampir sama dengan orang yang mempunyai keahlian atau kepakaran bidang tertentu, seperti :

v Analisis penyakit : kepakaran seorang dokter

v Analisis kerusakan : kepakaran seorang montir, dsb

 

d.     Natural-Net Computing adalah teknologi Expert system dimana otak manusia terproses secara tetap diusahakan oleh sistem komputer.

-       Handwriting, Speech dan Image Recognition

-       Credit Risk Assessment

-       Crime analysis

-       Stock Analysis

 

e.      Natural Language mirip bahasa seperti Bahasa Inggris, Spanyol dan Jepang yang digunakan oleh user dalam percakapan setiap hari.

 

f.       Vision system adalah sistem komputer yang bisa mengusahakan obyek fisik yang ditempatkan di depannya.

 

g.     Robotics adalah penyediaan bagian-bagian untuk dipelajari pada teknologi robot.

 

14.3 Komputasi Multimedia

-       Multimedia adalah tipe dari komputasi dimana teks, grafik, suara dan vidio terdapat dalam satu aplikasi.

a.     Area Aplikasi

-       Referensi

-       Pendidikan dan Pelatihan

-       Hiburan

-       Presentasi

 

b.     Hardware dan Software

-       Hardware

Multimedia PC adalah sistem mikrokomputer dilengkapi dengan hardware khusus untuk menjalankan aplikasi multimedia.

-       Software

Perangkat lunak yang mendukung untuk kebutuhan multimedia, seperti :

v Macromedia

v Photo paint, dsb

 

14.4 Virtual Reality

-       Virtual Reality adalah keguanaan komputer untuk menciptakan ilusi.

-       Area Aplikasi :

a.     arsitektur

b.     Hiburan

c.      Investments

d.     Aplikasi lain

 

14.5 Teknologi Informasi

-       Fungsi utama devisi teknologi informasi, yaitu :

1.     Cost center, evolusi teknologi informasi di perusahaan sebagai alat otomatisasi dengan tujuan untuk efisiensi di perusahaan

 

2.     Profit center, keberadaan teknologi informasi memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Contoh :

-       Perusahaan keuangan yang memiliki fasilitas simulasi bursa efek (trading floor)

 

3.     Investment center, perusahaan memposisikan divisi tersebut sebagai lembaga LitBang agar dapat menghasilkan keunggulan-keunggulan yang kompetitif bagi perusahaan

 

4.     Service center, biasanya pada perusahaan bidang jasa dengan filosofi yang digunakan adalah selalu meningkatkan kepuasan pelayanan kepada pelanggan

 

 

Ringkasan Sistem Komputer di Masa Depan

 

Distinctor

Data Processing

Information Technology

a. Financial Attitude

A cost

An investment

b. Business Role

Mostly support

often critical

c.   Application

orientation

Tactical

Strategic

d.  Economic context

Neutral

Welcoming

e.   Social impact

Limited

Pervasive

f.    MIS thinking

Traditional

New

g.   Stokeholders concerns

Few

Many

h.  Technologies involved

Computing

Multiple

i.     Management posture

Delegate

Abrogate

Leadership Involvement

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar