Selasa, 18 Agustus 2009

KOMAS 8

MATERI VIII

 

SISTEM INFORMASI

 

8.1  SISTEM BISNIS

-       Transaction Processing System adalah sistem yang menangani transaksi organisasi perusahaan. Terdiri dari :

a.     Payroll : penggajian

b.     Order Entity adalah sistem yang merekam dan membantu mengelola transaksi tersebut.

c.      Inventory Control : untuk pengendalian (kontrol) inventarisasi

d.     Account Receivable : penerimaan sejumlah uang

e.      Account Payable : pembayaran sejumlah uang

f.       General Ledger : pembukuan besar

 

-       Information System adalah sistem yang merancang untuk penyediaan informasi yang memungkinkan manajer untuk membuat keputusan.

a.     Manager and Informatioan Needs

b.     Information Reporting System adalah sistem informasi pelaporan dengan prinsip keluaran dibentuk dalam format laporan yang baru.

-       Scheduled Report adalah laporan yang dibuat dengan interval waktu yang tetap

-       Exeption Report adalah laporan yang menghasilkan informasi pengelolaan yang tidak biasanya terjadi.

-       Demand Report adalah laporan yang dibuat karena permintaan.

c.      Decision Support System (DSS) adalah sistem yang menyediakan manajer dengan alat-alat dan kemampuan untuk membantu mereka memenuhi informasi yang diinginkan.

d.     Group Decision Support System (GDSS) adalah DSS yang mana kebanyakan orang secara rutin berinteraksi dengan jaringan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah perintah disebut juga Work Group Computing.

e.      Executive Information System (EIS) adalah DSS yang dibuat untuk kebutuhan khusus dalam organisasi untuk orang-orang tingkat atas.

 

-       Office System

Office Automation (OA) merupakan kegunaan dari komputer berbasis perkantoran berteknologi, terdiri dari :

a.     Document Processing

b.     Word Processing

c.      Desktop Publishing

d.     Electronic Document Handling

e.      Electronic Mail adalah fasilitas yang memungkinkan user untuk mengirim surat, memo, dokumen, dan lain-lain dari satu perangkat hardware ke yang lainnya.

-       Faximile (Fax) Machine adalah peralatan yang bisa memindahkan dan menerima salinan seperti bentuk aslinya dari teks, gambar, peta, diagram, dan lain-lain melalui jaringan telepon.

-       Voice Mail adalah sistem surat elektronik seperti pesan telepon yang direkam secara digital dan disimpan dalam kotak surat elektronik

-       Electronic Mail Boxes adalah area penyimpanan yang digunakan  untuk menahan racipient’s surat elektronik.

f.       Desk Accessories adalah kumpulan program yang menyediakan bagian penghitung elektronik dari alat-alat yang biasanya ditemukan pada desktop, terdiri dari :

-       Kalkulator

-       Kalender

-       Jam

-       Notepad

-       Card File

g.     Decision Support Tools

h.     Teleconferencing merupakan penggunaan komputer dan teknologi informasi untuk melakukan pertemuan yang tidak semua peserta tidak harus hadir pada saat dan tempat yang sama.

i.       Telecommuting merupakan cara kerja di rumah dan terhubung berarti peralatan elektronik yang menghubungkan pekerja lain di area yang luas.

 

-       Design And Manufacturing  System

a.     Computer Aided Design (CAD) merupakan tingkatan umum yang mengaplikasikan ke user teknologi komputer untuk fungsi perancangan secara otomatis

b.     Computer Aided Manufacturing (CAM) merupakan tingkatan umum yang mengaplikasikan ke user teknologi komputer untuk fungsi manufaktur secara otomatis.

-       Robotics adalah bagian utama pelajaran teknologi robot.

c.      Computer Integrated Manufacturing (CIM) merupkana kegunaan teknologi untuk menggabungkan CAD, CAM dan Business System lain.

 

 

8.2  PERKEMBANGAN SISTEM

 

-       Pengertian

a.     Sistem adalah kumpulan elemen dan prosedur yang berinteraksi untuk menyelesaikan atau menyempurnakan hasil.

b.     Sistem Development adalah proses penganalisaan dengan cara memperbaiki penyelesaian suatu pekerjaan.

 

-       Yang Bertanggung Jawab Dalam Perkembangan Sistem (Responbility for System Development)

a.     Information System Departement adalah area organisasi yang terdiri dari ahli-ahli komputer.

 

b.     Data Processing Area adalah grup dari ahli-ahli komputer yang bertugas membentuk Transaction Processing System, terdiri dari :

-       System Analys adalah orang yang mepelajari sistem dalam organisasi untuk memutuskan sistem dalam organisasi untuk memutuskan langkah apa saja yang harus diambil dan bagaimana melaksanakannya sebaik mungkin dengan menggunakan perangkat komputer.

-       Project Manager adalah sistem analis yang menentukan tim yang membentuk sistem yang besar.

 

c.      Information Center adalah fasilitas dalam organisasi yang menentukan pembuatan sistem kecil.

 

d.     Office Automation (OA) Area adalah bagian dari ahli-ahli komputer yang menentukan pengelolaan hubungan aktifitas komputer dengan organisasi.

e.      Outsourching adalah pelatihan oleh suatu perusahaan yang menyewa perusahaan lain utnuk melakukan sesuatu atau semua aktifitas memproses atau mengolah informasinya.

 

-       The System Development Live Cycle (SDLC) adalah proses yang terdiri dari lima fase pembentukan yaitu :

Fase 1 : Preliminary Investigation

Fase 2 : System Analys

Fase 3 : System Design

Fase 4 ; System Acquistion

Fase 5 : System Implementation.

 

Fase 1 : Preliminary Investigation      

-       The Preliminary Investigation adalah petunjuk mempelajari penafsiran, permasalahan seluruh atau tidak semua skala harus dimengerti disebut juga feasible study.

-       The Nature of The Problem

-       The Scope of The Project

-       Posible Solution

-       Costs and Benefith

 

Fase 2 : System Analys

-       System Analysis adalah fase dari System Development Live Cycle yang mana area program benar-benar dilaksanakan untuk menentukan apa yang harus dilakukan.

-       Fact Collection

-       Fact Analysis

ü Diagram (Data Flow Diagram) adalah alat pembuatan sistem grafik berorientasi yang memungkinkan sistem analis menyajikan aliran data dari sistem.

ü Check List

 

Fase 3 : System Design

-       System Design adalah fase dari System Development Live Cycle yang menjadi bagian sistem baru dan hubungan diantaranya secara formal yang dibentuk.

-       Developing a Model of The New System

-       Analyzing Benefit and Costs

 

Fase 4 : System Acquistion

-       System Acquistion adalah fase dari System Development Live Cycle yang meliputi perlengkapan, software atau perbaikan yang diperoleh dari penjual.

-       Request for Proposal (RFPs) adalah dokumen yang biasanya berisi keterangan dari sistem yang diharapkan telah diperoleh organisasi.

-       Request for Quatition (RFQ) adalah dokumen yang berisi daftar, hardware khusus, software dan perbaikannya yang diharapkan telah diperoleh organisasi.

-       Evaluating Bids (evaluasi penawaran)

ü Vendor Rating System adalah prosedur terbaik untuk mengevaluasi persaingan pasar dari produk komputer atau perbaikannya

ü Benchmark Test adalah pengujian yang digunakan untuk mengubah tampilan sistem komputer dibawah pengetikkan digunakan kondisi pertama untuk dibeli.

 

Fase 4 : System Acquistion

-       System Implementation adalah fase dari System Development Live Cycle yang menunjukkan hubungan aktivitas untuk membuat pekerjaan sistem komputer dan berhasil sekali dipasarkan oleh penjual.

 

-       Approaches to System Development

a.     The Traditional Approach adalah pendekatan sistem development sebagaimana lima fase dari System Development Live Cycle yang diambil dalam urutan penetapan.

b.     Prototyping adalah alternatif pembangunan sistem sebagaimana model kecil atau prototipe dari sistem dibuat sebelum semua skala usaha pembentukan sistem yang telah diambil.

c.      End – User Development adalah pembangunan sistem yang dibawa oleh user terakhir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar