Rabu, 22 Juli 2009

KOMAS 3

3.1  SISTEM KOMPUTER

-       Seri dari peralatan yang beroperasi secara bersama-sama seperti unit yang terintegrasi yang disebut sistem komputer.

-       Sistem komputer terdiri dari unit-unit berikut :

1.     Unit Input yaitu yang membaca data input dan mengirim inputan ke unit pusat pengolahan (CPU, Central Processing Unit)

2.     Unit Output yaitu hasil dari pemroses data sebagai output

3.     Cetral Processing Unit (CPU) yaitu mengendalikan semua operasi dari sistem komputer, berisi primary storage, runs untuk eksekusi instruksi komputer

4.     Unit Auxiliary atau Secondary storage yaitu penyediaan storage tambahan untuk data dan program.

-       Gambar integrasi dari elemen–elemen dasar dalam sistem komputer :

 

 

 

 

 

 

 


A.   Unit Input

-       Masing-masing unit input dari sistem komputer membaca data dari bentuk input yang spesifik, seperti disk drive membaca disk inputan; terminal membaca key inputan dsb.

-       Peralatan input yang mengkonversikan data ke dalam pulsa elektronik yang dikirimkan ke lokasi penyimpanan input dari CPU untuk pengolahan.

-       Macam-macam peralatan input yaitu :

 

Peralatan

Bentuk Input

Gambaran kerjanya

Terminal keyboard

Masukan data lewat keyboard

Data dimasukan dari lokasi yang berjarak

Disk magnetik atau floppy disk drive

v Disk magnetik

v Floppy disk

Data dituliskan sebagai bintik magnetik atau bit

Magnetic tape drive

Tape magnetic

Data dituliskan sebagai bintik magnetik atau bit

Bar code reader

Bar code

Data dituliskan sebagai suatu seri dari batang dengan lebar yang berbeda

Optical reader

Typed atau handwritten karakter

Data dituliskan pada cetakan atau handwritten

Card reader

Punched card

Data dituliskan sebagai lubang punched

Magnetic ink character Recognition reader

Bank checks

Data dituliskan dalam tinta magnetik di bagian bawah check.

 

 

B.   Unit Ouput

-       Masing-masing unit output dari sistem komputer menerima informasi dari CPU dan mengkonversikan informasi ke bentuk output yang sesuai / cocok, seperti printer yaitu unit output yang mencetak laporan atau basis grapik pada informasi yang diproses dan diproduksi oleh CPU.

-       Macam-macam alat ouput :

 

Peralatan

Bentuk output

Gambaran kerjanya

Printer

Printed report

Memproduksi pencetakan laporan

Cathode ray tube

Terminal display

Peralatan output ini yang bisa digunakan untuk menghasilkan yang diproduksi oleh komputer berupa informasi pada layar

Magnetic disk atau floppy disk drive

v Harddisk

v Floppy disk

Data yang bisa dituliskan pada magnetik disk atau floppy disk sebagai output

Magnetic tape drive

v Magnetic tape

Data yang bisa dituliskan pada magnteic tape atau cassette tape sebagai output

Plotter

v Graphic data

Graph, figura, dan gambar yang diproduksi sebagai output

Card punch

v Punched card

Punched card sebagai output

Computer output microfilm

v Microfilm

Produksi output sebagai miniatur microfilm record

 

C.   Central Processing Unit

-       CPU (Central Processing Unit) yaitu unit dari sistem komputer yang mengendalikan semua operasi komputer.

1.     Bagaimanakah pengoperasian CPU

-       Sistem komputer pengendalian semua operasi ditangani oleh CPU.

-       Operasi Cpu yaitu :

a.     Membaca input dari peralatan input ke dalam storage

b.     Memproses kesesuaian input data untuk spesifikasi program.

c.      Menghasilkan informasi dengan mengaktifkan unit output.

-         CPU dihubungkan dengan kabel atau line komunikasi ke semua unit input / output yang merupakan sistem komputer.

2.     Siklus Pengolahan Data

-       Semua operasi pengolahan data membutuhkan pembacaan input, pengolahan data input, dan pembuatan informasi output.

-       Siklus penglahan data yaitu Input, Proses, Output untuk satu item data.

 

 

 

 


-       Siklus pengolahan data terdiri dari operasi berikut :

a.     Operasi input yang menagktifkan unit input, unit input yang secara fisik membaca data dari floppy disk dan mengirim data ke lokasi program input dari CPU

b.     Operasi pengolahan yang meliputi :

v Arithmatika dasar

v Perpindahan data dari satu lokasi ke komputer lain (seperti : dari lokasi input ke lokasi output)

v Pengontrolan prosedur logika yang menguji untuk jenis-jenis kondisi seperti putaran tiap jam lebih baik dari 5, yang telah bekerja suatu pekerjaan overtime, dsb.

c.      Operasi output yang mengirimkan informasi dari area output program CPU ke unit output yang menulis atau mencatat informasi

3.     Komponen CPU

-       Ada tiga komponen CPU yaitu :

a.     Primary storage,

-       beberapa waktu lalu menyebutkan sebagai main memory (memori utama) menyimpan instruksi dan data yang diperlukan untuk pengolahan.

-       Masing-masing karakter sebuah instruksi atau masing-masing karakter dari item data dibaca ke suatu posisi storage (posisi storage ke CPU yang diidentifikasi dengan address storage)

-       Satuan posisi storage disebut byte storage.

-       Ukuran memori disebut juga kapasitas primary storage, contoh ukuran memori komputer mikro paling rendah 4 K (4000 byte / lokasi pengalamatan). Kapasitas komputer besar berukuran megabyte atau million byte.

-       Komputer yang digunakan untuk bisnis dengan klasifikasi primary storage berikut ini :

v Mikro yaitu 4 K sampai 128 K

v Mini yaitu 256 K sampai 512 K

v Mainframe yaitu 256 K sampai 50+MB

 

 

b.     Control Unit,

-       CPU memonitor pelaksanaan operasi keseluruhan sistem komputer.

-       Program spesial yang disebut supervisor mengatur semua operasi komputer yang ditangani oleh control unit.

-       Instruksi atau program user ditransfer oleh supervisor dari main memory ke control unit dimana instruksi atau program user dieksekusi.

-       Control unit menangani transfer data dari main memory ke arithmetic-logic unit dan kembali lagi.

c.       Arithmetic-Logic Unit,

-       Instruksi biasanya membutuhkan operasi aritmetika atau pembuatan perbandingan, maka control unit mengaktifkan arithmetic-logic unit.

 

-       Fungsi CPU yaitu :

1.     Control unit memindahkan masing-masing instruksi dari primary storage dan mengeksekusinya

2.     Jika operasi arithmetika dan logika diselenggarakan, maka control unit mengirimkan kebutuhan data ke arithmetic-logic unit.

3.     Jika operasi arithmetika atau perbandingan dibutuhkan, maka arithmetic-logic unit akan mengoperasikan data

4.     Control unit memasukkan semua hasil ke primary storage.

 

D.   Central Processing Unit

-       Walaupun kapasitas storage besar dari CPU, biasanya ada kebutuhan untuk auxiliary / secondary storage yang di luar  CPU.

-       Kebutuhan tambahan storage, yang berisi program dan data yang akan dipanggil ke dalam CPU ketika dibutuhkan.

-       Berupa disk magnetic, tape magnetic, dan disk optical.

 

3.2  MACAM-MACAM SISTEM KOMPUTER

-       Macam-macam sistem komputer masih merupakan pembicaraan yang belum disepakati misal minikomputer dari mikrokomputer, tetapi kategori ini didesain untuk melayani hanya sebagai batasan umum saja, yaitu :

 

A.   Superkomputer

-       Komputer yang tercepat, terbesar, termahal dari komputer yang ada sekarang.

-       Kecepatannya yaitu mempunyai range 100 milyar instruksi per detik.

-       Penggunaannya memungkinkan penerapan sistem time-sharing yang lebih efektip

-       Ribuan terminal dapat dihubungkan dengan superkomputer dan ribuan pemakai dapat menggunakannya pada saat yang bersamaan

-       Amerika dan Jepang berhasil mengembangkan komputer ini dengan biaya penelitian jutaan dollar, perusahaan IBM menghabiskan lebih dari 100 juta dollar AS, Cray Research dengan hasilnya Cray-1 Computer.

 

B.   Mainframe

-       Merupakan komputer besar atau Large Komputer atau Large-Scale Mainframe Computer, karena bentuk fisik yang besar seperti lemari.

-       Digunakan pada perusahaan-perusahaan yang besar seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang di seluruh dunia.

-       Sistem time-sharing, ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini secara serentak dari masing-masing terminal pada saat yang bersamaan.

-       Harganya mahal

-       Mempunyai kapasitas main memory yaitu : dari 512 K sampai 8 GB

 

C.   Minikomputer

-       Mempunyai kapasitas main memory untuk pertama kalinya sekitar 4 MB -–128 MB, sekarang bisa 2 GB bahkan lebih besar lagi.

-       Konfigurasi operand register yaitu 6 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit.

-       Bersifat multi-user yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai (64 lebih terminal yang terhubung).

-       Bentuk cukup kecil, dapat dipindah-pindahkan dan bisa diletakkan di ruangan kecil.

-       Pertama kali diterapkan aterhadap aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium, dan komunikasi data.

-       Penggolongan komputer mini yang didasarkan pada kemampuannya, yaitu :

v Mini-mini komputer

v Midi-mini komputer

v Maxi-mini komputer

v Super-mini komputer

 

D.   mikrokomputer

-       Disebut juga Personal Computer atau Dekstop Computer

-       Umunya, single user yaitu hanya digunakan untuk satu pemakai tiap saat.

-       Ruangan yang dibutuhkan kecil

-       Harganya murah, hampir semua orang memilikinya

-       Perkembangan lebih lanjutnya yaitu bisa digunakan utnuk Multi-User System dengan harga yang murah jika dibandingkan dengan minikomputer.

-       Super-mikro komputer mulai menggantikan komputer mini, karena dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh komputer mini.

 

-       Kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi sistem komputer yaitu :

1.     Ukuran memori

2.     Biaya

3.     Kecepatan

4.     Bepara dan tipe dari unit I/O

5.     Adanya software

6.     Kompatibelnya tinggi

7.     Kemudahan penggunaan plug-kompatibel unit I/O dengan sistem komputer

8.     Keunikan atau gambaran spesial yang membuat sistem menjadi ideal untuk aplikasi yang khusus

9.     Biaya pemeliharaan

 

3.3  METODA PENGOLAHAN DATA

-       CPU bisa digunakan untuk memproses data dalam bermacam-macam cara.

-       Metoda pengolahan data yang lebih umum yaitu :

1.     Batch Processing

-       Batch processing yaitu data dikumpulkan dalam group atau batch dan dimasukkan ke komputer dalam jumlah yang besar.

-       Pengolahan data dilakukan tidak secara cepat / segera seperti halnya data yang ditransaksikan, tetapi dikumpulkan terlebih dahulu

-       Peralatan key-to-disk yaitu peralatan yang digunakan untuk memasukkan (key) inventori data

-       Prosedur key-to-storage yaitu penyimpanan data pada disk

-       Off-line operation yaitu prosedur key-to-disk untuk penyimpanan inventory data yang dilakukan dengan peralatan yang tidak secara langsung dibawah kendali mainframe.

 

2.     Immediate Processing

-       Data diproses secara cepat sesuai transaksi

-       Terminal digunakan sebagai point dimana data digenerasikan yang kemudian ditransmisikan secara cepat ke CPU dengan menggunakan line telepon atau kabel langsung.

-       Data membutuhkan operasi secara on-line

-       Operasi on-line yaitu salah satu penggunaan peralatan yang dihubungkan secara langsung ke CPU untuk data entry atau tanya jawab tentang status suatu file.

-       Dengan terminal bisa memasukkan data, atau meminta pertanyaan tentang pencatatan atau file yang disimpan oleh komputer.

-       Jika proses dari transaksi atau perubahan yang dilakukan secara cepat, dan tanya jawab ke dalam file yang diupdate kemudian bisa dibuat yang lebih cepat untuk dipakai oleh user dalam pengambilan keputusan disebut proses Real-Time.

-       Real-time processing merupakan satu tipe immediate processing dengan kecepatan tinggi.

 

3.4  PENGENALAN TEKNOLOGI KOMPUTER

A.   Representasi Data

-       Semua komputer menggunakan variasi sistem bilangan biner untuk merepresentasikan setiap karakter, dimana karakter didefinisikan sebagai huruf, digit, atau simbol khusus

1.     Representasi biner

-       Basis bilangan biner yaitu radix 2, dengan konstanta 0..1

-       Sistem bilangan disebut juga posisional, sebab lokasi secara fisik atau posisi dari digit ke dalam bilangan mempengaruhi nilai

2.     Penentuan Ekuivalensi Bilangan Desimal dari Bilangan Biner

-       Konversi bilangan dari biner ke desimal

3.     Penentuan Ekuivalensi Bilangan Biner dari Bilangan Desimal

-       Konversi bilangan dari desimal ke biner

4.     Representasi Karakter dalam Storage

-       Yang sering digunakan untuk merepresentasikan yaitu : EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code)

 

B.   Macam-macam Teknologi Storage

1.     Magnetic core memory

2.     Integrated Circuit

3.     Magnetic bubble memory

4.     Cahce memory

5.     Laser dan optical memory

 

C.   Gambaran Primary Storgae

1.     RAM

2.     ROM ada berapa jenis yaitu PROM, EPROM, dan EEPROM

 

3.5  ALAT INPUT

Alat input adalah alat yang digunakan untuk menerima input.

-       Input adalah energi yang dimasukkan ke dalam suatu sistem.

-       Input dapat berupa signal input atau maintenance input, signal input adalah energi yang akan diolah oleh sistem, maintenance input adalah energi yang akan digunakan untuk mengolah signal input.

-       Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai alat input sendiri dan sebagai alat output untuk menampilkan hasil, alat input/ouput yang demikian disebut dengan terminal.

-       Alat input dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu alat input langsung dan alat input tidak langsung.

-       Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input ini tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media simpanan luar, sehingga memungkinkan interaksi langsung antara pemakai dengan sistem komputer. Alat input langsung digolongkan menjadi beberapa bagian, yaitu keyboard, pointing device, scanner, censor, dan voice recognizer.

-       Alat input tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkamkan terlebih dahulu ke suatu media machine readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory) misalnya kartu plong (punched card), pita magnetik (magnetic tape), atau disk magnetik (magnetic disk).

 

A.   Alat-alat input langsung, yaitu inputan diproses secara langsung oleh CPU. Beberapa alat input langsung, yaitu :

1.      Keyboard (papan tombol) adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan, lewat penekanan tombol, dan biasanya didampingi display yang akan menampilkan apa yang ditekan di keyboard. Beberapa alat input yang mempergunakan keyboard yaitu :

-       Teleprinter terminal atau line terminal terdiri dari keyboard dan tampilan berupa alat cetak (printer). Input dengan menekan tombol-tombol kunci yang di keyboard dan akan tercetak di layar berbentuk kertas.

-       Financial transsaction terminal, digunakan untuk transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Salah satu adalah EFT (Electronic Fund Transfer) dengan menggunakan ATM (Automated Teller Machine).

-       Point-of-sale (PSO) terminal, biasanya digunakan di supermarket. Keyboard untuk masukkan data barang yang dijual dan display untuk menampilkan data transaksi dan alat cetak untuk mencetak tanda terima kasih untuk pembeli. Alat tambahan untuk POS terminal adalah alat peraba automatic tag readers atau disebut dengan nama OCR tag reader yaitu alat untuk membaca label di barang yang ditulis dengan OCR (Optical Character Recognition) serta bar code wand yaitu alat untuk membaca label barang yang berbentuk kode batang.

-       Visual display terminal atau visual display unit atau video display unit, digunakan untuk memasukkan input langsung ke alat proses sekarang ini. Yang terdiri dari keyboard dan visual display. Nama lainnya adalah CRT terminal karena menggunakan bahan sinar tabung katoda atau CRT.

2.      Pointing Device, biasanya untuk pembuatan grafik atau gambar. Karena keyboard kurang memuaskan (tidak gerak bebas). Beberapa alat yang termasuk pointing device, yaitu :

-       Mouse, yang digunakan untuk mengatur posisi cursor di layar.

-       Touch screen, adalah layar monitor yang akan mengaktifkan program bila bagian tertentu dilayar disentuh dengan tangan.

-       Light pen, untuk mengatur suatu titik di layar dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Dengan pen bisa menyentuh posisi layar di komputer, posisi sentuhan akan lebih tepat dan teliti. Banyak digunakan untuk membuat grafik dan gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer (computer aided design).

-       Digitizer graphic tablet, menggambar grafik secara elektronik. Alat ini memungkin untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan dua buah titik di graphic tablet dengan alat menyerupai pen, selanjutnya hasil dari grafik akan tampak di layar.

3.      Scanner, bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan dibaca. Yang termasuk kelompok ini :

-       Magnetic ink character recognition, alat pembaca pengenal karakter tinta magnetik atau Magnetic Ink Character Recognition (MICR) reader. Pembaca MICR membaca karakter-karakter yang ditulis dengan tinta magnetik tersebut dan komputer akan langsung melakukan transaksi debet atau kredit terhadap nomor rekening nasabah secara otomatis.

-       Optical data reader, yang mempunyai kemampuan untuk membaca data langsung dari kertas biasa dan tanpa menggunakan tinta magnetik yang khusus. Dapat berupa :

a.     OCR reader, mempunyai pembacaan yang lebih dibanding MICR. Dapat membaca dokumen yang ditulis dengan tangan. Kecepatan membaca sampai 120 karakter per detik.

b.     OCR tag reader, banyak digunakan di toko-toko serba ada untuk membaca label data barang yang dijual yang dicetak dengan bentuk karakter OCR. Diletakkan pada POS terminal yang dihubungkan dengan pusat komputer.

c.      Bar code wand, diletakkan di POS terminal untuk membaca label data barang dagangan yang dicetak dalam bentuk kode batang. Kode batang yang dipergunakan adalah sistem universal product code (UPC).

d.     OMR (Optical Mark Recognition) reader, banyak digunakan untuk penilaian test. Biasanya untuk membaca hasil dari daftar pertanyaan.

4.      Sensor, merupakan alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian phisik. Data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan dimasukkan ke pengaruh analog-to-digital converter yang berikutnya akan diproses oleh komputer. Yang termasuk kelompok ini adalah :

-       Mata di komputer, komputer di pesawat ruang angkasa mengirimkan bayangan yang ditangkap oleh kamera ke dalam bentuk signal digital yang dipancarkan ke bumi. Stasiun di bumi menangkap signal digital tersebut dan meneruskannya ke komputer kemudian diproses dan dirubah kembali dalam bentuk gambar.

-       Digitizing camera, untuk menangkap obyek gambar seperti foto, dokumen, obyek tiga dimensi yang akan ditampilkan ke layar komputer untuk diproses lebih lanjut. Layar peraganya khusus yang mempunyai resolusi yang tinggi.

-       Voice recognizer atau speech recognizer, membuat komputer mengerti omongan manusia. Menggunakan mikrophone untuk menangkap suara input. Komputer harus latih terlebih dahulu dengan mengucapkan berulang-ulang sehingga dikenali komputer.

 

B.  Alat-alat input tidak langsung, yaitu data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media machine readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory). Beberapa alat input tidak langsung, yaitu :

-       Key-punch atau key-to-card, alat ini memungkinkan operator memasukkan data yang akan dipindahkan terlebih dahulu ke dalam bentuk media punched card (kartu plong atau kartu pon). Alat pembaca kartu adalah card reader.

-       Key-to-tape, alat ini memungkinkan operator untuk merekamkan data ke media simpanan luar pita magnetik terlebih dahulu sebelum diproseskan ke CPU. Alat pembaca pita magnetik yaitu tape reader atau tape drive atau tape unit).

-       Key-to-disk atau key-to-tape, memungkinkan operator untuk merekamkan data terlebih dahulu ke media simpanan luar, dalam hal ini disk magnetik, umumnya dalam bentuk diskette.

 

 

3.6  ALAT OUTPUT

Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu :

1.     Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain.

2.     Image, di dalam suatu bentuk grafik atau gambar.

3.     Suara, dalam bentuk musik atau omongan.

4.     Bentuk yang dapat dibaca oleh masin (machine-readable form), dalam bentuk simbol yang hanya dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.

-       Tiga golongan pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedang golongan yang keempat biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input untuk komputer yang lain.

-       Untuk mendapatkan bentuk output tersebut, maka dibutuhkan alat untuk menampilkannya, yaitu alat output atau output device atau output unit.

-       Alat output dapat berbentuk :

A.    Hard copy device, berupa alat untuk mencetak tulisan serta image pada media hard seperti kertas dan film.

-       Hard copy device sifatnya permanen dan lebih protable (dapat dibawah ke mana-mana), yang termasuk peralatan ini yaitu printer, plotter, dan computer output to microfilm.

-       Printer, merupakan alat pencetak dengan media kertas. Dipandang dari alat-alat mekanik printer digolongkan ke dalam impact printer dan nonimpact printer. Dipandang dari cara mencetaknya dapat digolongkan ke dalam serial printer, line printer dan page printer.

1.      Impact printer, menggunakan pengetuk (hammer) untuk mencetak bentuk yang diinginkan. Menggunakan karbon yang ditekan, membentuk langsung suatu bentuk yang utuh atau sebagian-sebagian di kertas. Jenis ini mempunyai beberapa tipe yaitu :

-       Dot matrix printer, yang banyak digunakan untuk printer impact. Alat ini menggunakan kepala cetak berisi sekumpulan jarum besi. Kelebihan dari printer ini harganya murah dan dapat mencetak image, pola yang dibentuk berupa titik-titik yang membentuk gambar atau grafik. Contoh printer ini EPSON EX-800, LX-800, LX-300, dan sebagainya.

-       Full-character printer, printer pencetak karakter penuh. Yang termasuk jenis ini yiatu daisy wheel printer, thimble printer, chain printer, band printer, dan drum printer.

2.      Nonimpact printer, bekerja dengan cara menyemprot kertas dengan tinta. Kelemahannya tidak dapat membuat sekaligus beberapa rangkap hasil cetakan. Yang termasuk jenis ini adalah :

-       Inkjet printer, membentuk karakter atau grafik dengan suatu kepala cetak yang mempunyai pipa penyemprot kecil (nozzle) yang menyemprotkan tinta ke kertas. Electronic deflector yang mengatur posisi horizontal dan vertikal dari tinta yang disemprotkan sehingga mendapatkan posisi gambar atau grafik yang tepat dan benar.

-       Thermal printer, menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang masing-masing dipanasi secara terpisah. Kertas yang digunakan khusus yang tahan terhadap panas. Tidak membantuk gambar yang berwarna.

-       Electrostatic printer, menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang diberi aliran listrik. Kertas yang digunakan yaitu kertas yang dilapisi alumunium aksida.

-       Thermal transfer printer, merupakan printer teknologi panas yang terbaru dan dapat mencetak bentuk warna.

-       Laser printer, marupakan teknologi gabungan antara teknologi xerographic dengan teknologi laser.

3.   Serial printer, karena pencetakkan karakter secara serial. Yang termasuk golonggan ini adalah : dot matrik printer, daisy wheel printer, thimble printer, inkjet printer, thermal printer, electrostatic printer dan thermal transfer printer.

4.   Line printer, cara pencetakan satu baris sekaligus setiap saat. Yang termasuk golongan ini adalah chain printer, band printer, dan drum printer.

5.   Page printer, mencetak satu halaman tiap saat. Yang termasuk printer ini adalah laser printer.

6.   Plotter, alat pencetak grafik atau gambar dengan kemampuan yang baik. Menggunakan pena untuk mencetak gambar, tetapi ada yang menggunakan cara inkjet.

7.   Computer output to microfilm, untuk mengurangi jumlah dari kertas yang dihasilkan dari output komputer, telah dikembangkan alat yaitu computer output to microfilm. Yang digunakan untuk mengurangi output dengan media kertas. Tetapi nantinya bisa dicetak di kertas.

B.   Soft copy device, berupa alat untuk menampilkan tulisan dan image pada media soft yang berupa signal elektronik.

-       Soft copy device dapat berupa video display, flat panel display, dan speaker.

C.   Drive device atau driver, berupa alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form) pada media seperti disk magnetik atau tape magnetik. Alat penggerak ini berfungsi ganda, sebagai alat output juga sebagai alat input.

-       Drive device, yang termasuk peralatan ini yaitu disk drive, tape drive.

 

3.7  ALAT PENYIMPANAN

-       Alat penyimpanan dibagi 2 macam, yaitu :

1.     Alat penyimpanan dalam (internal storage / main memory), misalnya RAM (memory).

2.     Alat penyimpanan luar (external storage), misalnya harddisk, diskette dan sebagainya.

-       Simpanan luar (external memory) digolongkan ke dalam direct-access storage device (DASD) atau alat simpanan akses langsung dan sequential-access storage device (SASD).

-       Data yang disimpan di direct-access storage device dapat dilakukan akses secara langsung oleh CPU di posisinya.

-       Yang termasuk kelompok DASD adalah magnetic dubble memory, magnetic drum, optical disk, tape strip catridge, magnetic disk.

-       Data yang disimpan di sequential-access storage device tidak dapat dilakukan akses secara langsung oleh CPU di posisinya. Kapasitasnya lebih besar lagi dan harga per bit informasi yang dapat direkam lebih murah lagi, tetapi kecepatannya lebih lambat.

-       Yang termasuk kelompok SASD adalah punched card, paper tape, magnetic tape.

 

Magnetis Disk (Piringan/Disk Magnetik)

-       Terbuat dari metal atau dari plastik dan permukaannnya dilapisi dengan lapisan magnet iron-oxide.

-       Disk magnetik yang terbuat dari plastik dan terdiri dari sebuah piringan saja disebut floppy disk, yaitu micro disk dan mini disk.

-       Yang terbuat dari metal dan terdiri dari banyak piringan disebut hard disk.

a.        Micro disk

-       Terbuat dari piringan plastik berukuran diameter yang cukup kecil yaitu 3½ inchi.

-       Disebut juga micro floppy.

-       Kebanyakan digunakan di komputer-komputer mikro.

b.        Mini disk

-       Sebutan mini disk yaitu floppy disk, mini floppy disk, flexible disk atau diskette.

-       Terbuat dari plastik yang lentur dan dilapisi dengan lapisan magnet serta dibungkus dengan suatu jaket pelindung.

-       Mini disk diorganisasikan dengan dibagi menjadi beberapa lingkaran kosentrasi yang disebut dengan track serta dibagi dalam potongan-potongan melintang yang disebut sector. Jumlah sector tergantung dari sistem disk yang dipergunakan untuk masing-masing komputer.

-       Istilah yang ada pada ini disk, yaitu :

-       Pemilihan mini disk tergantung dari sistem disk atau disk drive dari komputer yang digunakan.

-       Ukuran diameter dari mini disk yang tersedia adalah 5¼ inchi dan 8 inchi.

-       Komputer mikro banyak yang menggunakan ukuran 5¼ inchi.

 

Hard Disk

-       Terbuat dari piringan keras dari bahan alumunium atau keramik yang dilapisi dengan zat magnetik.

-       Ukuran diameter piringan umumnya 14 inchi atau 8 inchi atau 5¼ inchi.

-       Komputer besar dan mini banyak menggunakan hard disk dengan piringan ukuran 14 dan 8 inchi, komputer mikro menggunakan ukuran 5¼ inchi.

-       Kapasitas hard disk mulai dari megabyte sampai dengan gigabyte.

-       Tiap-tiap piringan dibagi dalam beberapa lingkaran konsentrasi yang disebut track, biasanya diberi nomor urut mulai dari track 0 dari ujung lingkaran luar.

-       Cylinder (dalam mini disk disebut sector), yaitu kumpulan dari nomor track yang sama untuk semua piringan. Sistem ini mempercepat gerak dari lengan read/write head sehingga lebih efisien daripada mini disk.

-       Macam-macam hard disk, yaitu :

a.        Removable disk (disk pack) adalah hard disk yang dapat dilepas dari alat penggeraknya (disk drive) dan read/write head letaknya ada di disk drive tidak di dalam hard disk. Keuntungannya dapat dilepas dari alat penggeraknya, dapat diganti-ganti dengan yang lainnya dan dapat dibawa-bawa. Kelemahannya kemungkinan permukaan piringan dapat rusak karena tergores dengan read/write head sewaktu dipasangkan ke disk drive.

b.        Fixed disk (winchester disk), hard disk yang diletakkan dalam suatu tempat yang tertutup bersama-sama dengan read/write head-nya. Sehingga read/write head dapat diletakkan pada posisi yang sangat dekat sekali tanpa menyentuh dari permukaan piringan dan lebih cepat. Kelemahannya tidak mudah dilepas dan diganti dengan yang lain dan dibawa-bawa.

c.        Disk cartridge, sifatnya removable, yaitu dapat dipasang dan dilepas dari disk drive-nya seperti mini disk, tetapi dengan kapasitas yang besar yang digunakan untuk membuat back-up dari file. Kecepatannya lebih lambat dari winchester disk atau removable disk.

 

Optical Disk

-       Optical disk system yang didasarkan pada video disk 12 inchi, sehingga data dapat disimpan pada optical disk yang mempunyai 40000 track dan 132 sector tiap sisinya. Yang mampu merekam data sebesar 1 milyard karakter.

-       Sedang dikembangkan untuk dapat menyimpan data lebih dari 12,5 milyard byte atau 100 milyard bit per sisinya.

-       Sifatnya adalah simpanan yang betul-betul permanen. Ada teknik baru supaya optical disk dapat dihapus dan dipergunakan ulang lagi. Perusahaan Jepang berhasil mengembangkan optical disk yang dapat dihapus kembali.

 

Magnetic Tape

-       Dibuat dari pita plastik tipis yang dilapisi dengan lapisan magnet iron-oxida berwarna merah kecoklatan.

-       Berbentuk reel-to-reel tape banyak digunakan untuk komputer-komputer besar, sedangkan yang berbentuk cartridge tape banyak digunakan untuk komputer mini dan yang berbentuk casette banyak digunakan untuk komputer mikro.

a.        Reel-to-reel tape merupakan bentuk pita yang paling tua, standar mempunyai ukuran lebar ½ inchi dan panjangnya sekitar 2400 feet. Ada daerah yang tidak digunakan untuk merekam data disebut dengan leader. BOT (beginning-of-tape) marker yaitu daerah yang merupakan penunjuk awal dari tape dan EOT (end-of-tape) marker merupakan penunjuk akhir dari tape yang dapat digunakan untuk merekam data.

-         Header label menunjukkan informasi dari file (nama, tanggal perekaman). Trailer label berisi informasi yang sama dengan header label ditambah dengan informasi jumlah dari record untuk file bersangkutan untuk keperluan control total.

-         Data disimpan dalam bentuk physical record. Masing-masing record dipisahkan dengan gap (pemisah) yatu interrecord gaps (IRG). Susunan demikian disebut unblocked record.

b.        Cartridge tape disebut juga streaming tape dirancang khusus untuk menyimpan hasil dari suatu backup dari file di disk.

-         Backup file adalah salinan file yang digunakan untuk cadangan atau pelindung file yang asli rusak atau mungkin hilang. Biasanya digunakan pada komputer mini.

-         Alat untuk membaca/merekamkan data di cartridge tape adalah cartridge tape unit, yang biasanya di dalamnya ada hard disk dgn disk drive-nya.

c.        Cassette tape, pita yang banyak dipakai di komputer mikro yang digunakan untuk merekan lagu-lagu.

-         Selain merekam musik atau suara, juga digunakan merekam signal berbentuk bilangan biner yg dikenal oleh komputer.

-         Teknik ini untuk mewakili biner di cassette tape dikenal dengan FSK (frequency Shift Keying).

-         Pembaca/perekam data di cassette tape dapat digunakan tape recorder biasa.

-         Microcassette tape adalah simpanan luar yg berukuran lebih kecil.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar