Rabu, 22 Juli 2009

KOMAS 5

TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN KOMPUTER

 

LAN, WAN, TOPOLOGI, DAN INTERNET

 

A.  Network

Network adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk satu sistem. Dengan network maka komputer dapat :

a.      Menggunakan data secara bersama,

b.      Dapat mencetak laporan di printer komputer yang lain,

c.       Dapat memberi berita ke komputer lain walaupun berlainan area.

-       Network merupakan cara yang sangat berguna untuk mengintegrasikan sistem informasi dan menyalurkan arus informasi dari satu area ke area lainnya.

-       Network, merupakan konsep dari jaringan kerja sistem komunikasi data. Network melibatkan hanya sebuah sistem komputer saja dengan beberapa terminal di lokasi yang berbeda atau melibatkan beberapa sistem komputer di lokasi yang berbeda.

-       DDP system, merupakan salah satu dari bentuk sistem komunikasi data. Dari definisinya, harus melibatkan 2 atau lebih sistem komputer yang independen tetapi dapat berhubungan satu dengan lainnya. Jadi harus terdiri dari komunikasi data 2 atau lebih sistem komputer, sedang network dapat teriri dari sebuah sistem komputer saja dengan beberapa terminal.

-       Network, dapat berupa off-line communication system, remote job entry system, realtime system, time sharing system, ataupun DDP system. Karena semakin murah komputer mikro dan alat-alat input/output lainnya, maka DDP network sekarang banyak diterapkan.

-       System network membutuhkan software communication yaitu protocol, seperti SNA (System Network Architecture) yang merupakan protocol untuk menghubungkan beberapa tipe komputer IBM dalam bentuk suatu sistem network. Adapun DECnet software communication untuk perusahaan Sperry Univac, WANG dan DEC. Sekarang dikembangkan network yang dapat menghubungkan komputer-komputer yang dibuat oleh pabrik lainnya, bahkan dapat menggunakan protocol yang lain seperti AIS Net1 (Advanced Information System / Net 1) yang dikembangkan oleh AT & T pada tahun 1982.

 

B.  Komponen Network

Komponennya yaitu : node dan link.

-       Node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam network atau menghasilkan output informasi atau kedua-duanya. Node dapat berupa printer atau alat cetak lainnya, PC atau micro computer sampai mainframe computer, modem dan multiplexer.

-       Link adalah channel atau jalur transmisi atau carrier untuk arus informasi atau data diantara node. Link dapat berupa kabel, microwave system, laser system, dan satellite system.

-       External network adalah network yang masing-masing node terletak di lokasi yang berjauhan satu dengan lainnya dan menggunakan link berupa jalur transmisi jarak jauh.

-       Network yang masing-masing node terpisah dalam jarak yang lokal dan menggunakan link berupa jalur transmisi kabel disebut LAN (Local Area Network).

 

C.  External Network

-         Disebut juga dengan long distance network, merupakan network dari sistem komunikasi data yang masing-masing node berlokasi jauh (remote location) satu dengan lainya. Bentuk-bentuk yang paling sederhana, bentuk (arsitektur) dari suatu jaringan komputer biasanya disebut Topologi. Ada beberapa topologi dalam sistem jaringan komputer, yaitu :

a.      Star network, beberapa node dihubungkan dengan suatu node pusat (central node atau host node) yang membentuk jaringan seperti bentuk bintang (star). Semua komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node. Central node bertanggung jawab untuk mengatur arus informasi antar node lainnya. Central node berupa komputer besar yang dihubungkan dengan beberapa terminal. Kelebihan bantuk ini yaitu kontrol manajemen lebih mudah karena terpusat, kelemahannya jika central node rusak maka semua node tidak dapat berfungsi.

b.      Hierarchical tree network, bentuknya seperti pohon yang bercabang yang terdiri dari central node dihubungkan dengan node yang lain secara berjenjang. Central node berupa komputer besar sebagai host computer (server / pusat computer) yang merupakan jenjang tertinggi (top hierarchical) yang berfungsi mengkoordinasi dan mengendalikan node jenjang dibawahnya yang berupa mini computer atau micro computer. Kelebihan bentuk ini yaitu kontrol manajemen lebih mudah karena terpusat dibagi dalam jenjang-jenjang, kelemahannya jika salah satu node rusak maka node jenjang bawahnya tidak dapat berfungsi.

c.       Loop network, merupakan hubungan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Bentuk ini tidak ada central node. Kelebihan bentuk ini yaitu semua node mempunyai status yang sama, kelemahannya jika salah satu node rusak maka akan mengganggu komunikasi node yang lainnya.

d.      Bus network, bentuk ini menghubungkan beberapa node dalam jalur data (bus). Masing-masing node dapat melakukan tugas-tugas operasi yang berbeda-beda. Tidak ada central node dan semua node mempunyai status yang sama. Kelebihan bentuk ini yaitu satu node rusak tidak akan mengganggu node yang lainnya karena tiap-tiap node tidak berhubungan langsung tapi lewat bus, kelemahannya jika bus rusak maka semua node tidak dapat berfungsi dan kontrol manajemen lebih sulit karena desentralisasi.

e.       Ring network, merupakan gabungan bentuk loop network dan bus network. Salah satu node tidak berfungsi / rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lain karena terpisah dari jalur data. Kelebihan bentuk ini yaitu sama dengan bentuk bus, kelemahannya jika link rusak maka semua node tidak berfungsi dan kontrol manajemen lebih sulit karena desentralisasi.

f.       


Web network atau mesh network atau plex network atau completely connected network, merupakan bentuk network yang masing-masing node dalam network dapat berhubungan dengan node yang lainnya melalui beberapa link. Suatu bentuk web network yang mempunyai n buah node, akan menggunakan link sebanyak :

 

Web network digunakan bila diinginkan semua node dapat berhubungan satu dengan lainnya. Kelebihannya bentuk ini yaitu node yang satu dapat berhubungan dengan node lain secara bebas dan bila sebuah node rusak maka yang lain masih dapat berhubungan, kelemahannya terlalu banyak link sehingga biaya mahal dan kontrol manajemen sulit karena desentralisasi.

g.      Meta network atau hybrid network merupakan network dari suatu network atau gabungan dari beberapa network.

-       Pemilihan bentuk network yang akan diterapkan harus dipertimbangkan kelebihan dan kelemahannya.

 

5.1  Local Area Network (LAN)

-       Suatu network yang terbatas dalam jarak / area setempat (lokal), jarak yang harus dijangkau sekitar kurang dari 1000 meter, biasanya masih dalam satu gedung.

-       LAN berbeda dengan external network. LAN menggunakan kabel untuk transmisi datanya sedangkan external network masih perlu menggunakan jalur-jalur komunikasi tambahan seperti telepon, satelit dan sebagainya.

-       Bisanya LAN berbentuk star network atau bus network. Transmisi data dalam LAN mempunyai kecepatan yang berbeda-beda dan dikategorikan sebagai berikut :

1.     High Speed Network, kapasitas transmisi data lebih besar dari 20 MBps (20 juta bit per detik) yang biasanya diterapkan dalam LAN untuk mainframe computer yang besar.

Contoh :

-       Loosely Coupled Network (oleh perusahaan CDC, Control Data Coorporation).

-       Hyperchannel (oleh perusahaan NSC, Network System Coorporation)

2.     Medium Speed Network, kapasitas transmisi data sekitar 1 MBps - 20 MBps yang biasanya untuk mainframe computer yang kecil atau mini computer.

Contoh :

-       ARC Net oleh Datapoint Coorporation

-       Wangnet oleh Wang Laboratories

-       Ethernet dikembangkan oleh Xerox, kecepatan 1 MBps dengan memakai coaxial cable dapat menghubungkan sistem komputer Xerox dengan mesin copy Xerox dan alat-alat lainnya.

-       Local Net oleh Systex

-       Cable Net oleh Amdax.

3.     Low Speed Network, kapasitas transmisi data lebih kecil dari 1 MBps biasanya diterapkan dalam LAN untuk personal computer.

Contoh :

-       Omninet oleh Corvus System yang dapat menghubungkan komputer IBM PC, Apple, Radio Shack, DEC, Texas Instrument untuk bersama-sama menggunakan hard disk dan peripheral device lainnya. Bentuk network adalah bus network.

-       Constellation oleh Corvus System, fungsi sama dengan Omninet tepi berbentuk star network.

-       Cluster One dari Nectar System’s khusus untuk komputer Apple yang berbentuk bus network.

-       Apple Talk oleh Apple Coorporation untuk hubungan antara komputer Apple Macintosh

 

A.  File Server

Merupakan suatu arsitektur untuk software yang digunakan pada komputer server. Ada dua kategori untuk file server yaitu :

1.     Model client/server, model ini memerlukan sebuah komputer yang khusus berperan sebagai file server.

 

2.     Model peer-to-peer networking, model ini mengizinkan setiap komputer pada network untuk berperan sebagai klien komputer dan sebagai sebuah file server secara sekaligus.

 

B.  Print Server

Print server bisa diartikan sebagai sebuah komputer yang memiliki banyak printer tersambung kepadanya dan bisa diakses oleh komputer lain.

-       Komputer tersebut menjalankan software khusus yang membuat printer-printer tersebut dapat digunakan bersama-sama oleh seluruh network.

 

C.  Communication Server

Pemindahan sejumlah data secara bersama-sama dalam paket token-ring atau frame ethernet melalui kabel network yang mempunyai kecepatan tinggi dan juga melalui beberapa sistem komunikasi jarak jauh yang lebih lambat.

 

Kategori dari produk yang disebut communication server meliputi :

-       Komputer yang berperan sebagai gateway (jalan keluar) ke mainframe

-       Asynchronous communication server

-       Acces server

-       Sistem bulletin board

-       Server surat elektronik

-       Bridge

-       Router

 

5.2  Wide Area Network (WAN)

-       Merupakan jaringan yang lebih luas dari LAN yaitu jaringan di site satu dengan site lainya dalam daerah regional. Dengan kata lain, daerah cakupan WAN jauh lebih luas dibandingkan dengan LAN (negara atau benua).

-       Hal yang penting yaitu perangkat keras yang digunakan, transmisi data, komunikasi data serta software sistem operasi yang dipakai.

-       Host dihubungkan oleh sebuah subnet komunikasi (subnet), yang bertugas : membawa pesan dari host ke host lainnya.

-       Subnet terdiri dari 2 komponen yaitu :

1.     kabel transmisi

2.     element switching, komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan 2 kabel transmisi atau lebih.

-       Istilah komputer switching yang lebih umum yaitu router.

-       Subnet mempunyai 2 pengertian yaitu :

1.     kumpulan router-router dan saluran-saluran komunikasi yang memindahkan paket dari host sumber ke host tujuan.

2.     pengalamatan jaringan komputer.

 

5.3  Internet

-       Internet (dikenal juga NET) adalah jaringan komputer terbesar di dunia atau juga jaringan. Jaringan komputer tersebut saling berkomunikasi dengan komputer antar komputer seluruh dunia.

-       Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan secara bersama-sama.

-       Beberapa jaringan komputer terdiri dari sebuah komputer sentral dan sekumpulan stasiun jarak jauh yang melaporkan ke komputer sentral.

-       Jaringan internet bisa tukar informasi secara bebas yang ada di seluruh dunia.

-       Aplikasi yang ada :

1.     e-mail, layanan ini banyak dipakai untuk bertukar informasi lewat surat elektronik dengan berjuta-juta orang di seluruh penjuru dunia.

v Berisikan gosip

v Berisikan rumor

v Berisikan tentang cinta

v Berisikan tantang pekerjaan

v dsb.

2.     cathing, suatu media berkomunikasi dengan lawan bicara lewat elektronik (internet) dalam dunia maya. Kita bisa berkomunikasi secara langsung (lewat percakapan) dengan berjuta-juta orang di seluruh dunia.

3.     world wide web (WWW), suatu layanan di internet yang menggabungkan teks, gambar-gambar, suara, dan bahkan animasi serta memungkinkan anda berpindah-pindah ke web site yang lain hanya dengan mengklik mouse komputer anda.

v Software yang dipakai untuk berselancar di web dikenal sebagai browser (penjelajah).

v Browser yang dikenal yaitu internet explorer, netscape, mosaic, dsb.

4.     pemanggilan informasi, kebanyakan komputer mempunyai file-file informasi yang bebas untuk dibicarakan, seperti :

v katalog-katalog kartu perpustakaan hingga teks buku-buku kuno.

v Gambar-gambar yang sudah didigitalkan.

v Pelbagai perangkat lunak, dsb.

5.     bulletin board, dinamai dengan usenet, sebuah bulletin board hebat yang terdistribusi dan on-line yang memiliki sekitar 700 juta karakter pesan pada lebih dari 12.000 kelompok topik berbeda yang mengalir setiap hari. Seperti :

v materi komputer yang biasa sampai yang rumit

v hobi

v argumen-argumen politik

v hal-hal yang lucu, dsb.

6.     games dan gosip, sebuah game yang bernama MUD (Multi-User Dungeon).

v MUD, dengan MUD Anda bisa menantang para pemain game lain yang bisa berada di mana saja di seluruh dunia.

v IRC (Internet Relay Chat) adalah sebuah saluran pesta yang melalui IRC anda bisa melangsungkan percakapan yang lebih atau kurang menarik dengan para pemakai lainnya di berbagai tempat.

 

A.  URL

URL (Uniform Resource Locator) didefinisikan sebagai sarana untuk menentukan alamat yang akan pakai untuk mengakses internet khususnya website. Seluruh website pasti memiliki URL tertentu jika tidak, ia tak akan bisa dikunjungi. URL terdiri dari :

-       Jenis protokol.

-       Nama web server.

-       Direktori.

-       Bentuk URL yaitu

protokol://nama-host/path/namafile?query#fragment

protokol : jenis protokol yang digunakan (http, ftp, mailto, dsb)

nama-host : nama host yang dipanggil atau internet protokol

path : lokasi path/direktori tempat file-file diletakkan pada web server

namafile : nama file yang dipanggil

query : jenis query string yang akan digunakan untuk keperluan CGI (common Gateway Interface)

fragment : menunjukkan letak lokasi tertentu pada sebuah dokumen

 

Macam-Macam Protokol

1.     HTTP, protokol yang digunakan untuk berkomunikasi antara web browser dan web server satu sama lain (client-server).

2.     FTP, protokol yang digunakan untuk melakukan transfer file dari server di internet, atau sebaliknya yaitu mengirimkan file ke web server di internet.

3.     mailto, protokol yang digunakan untuk mengirim surat elektronik ke mailbox yang terdapat di internet.

4.     telnet, protokol yang digunakan untuk mengadakan komunikasi tertulis secara interaktif dengan web server.

5.     gopher, protokol yang digunakan untuk mencari informasi pada suatu web server tertentu.

6.     news, protokol yang digunakan untuk mendapatkan suatu berita dari web server.

 

B.  HTML

HTML (HyperText MarkUp Language) merupakan suatu gagasan yang menampilkan dokumen yang ke dokumen lain dengan cara melakukan link terhadap dokumen yang dimaksud. HTML suatu yang melakukan suatu tindakan pemrograman (desainer homepage), dibutuhkan orang yang mempunyai skil pemrograman.

Mendesain HTML

Dalam mendesain HTML dengan 2 cara yaitu :

1.     menggunakan editor HTML, seperti netscape navigator gold, microsoft word, dsb. Cara ini lebih mudah dan menyenangkan karena hasil bisa langsung dilihat dan energi yang dikeluarkan sedikit.

2.     menuliskan script, seperti javascript. Cara ini lebih banyak energi yang dikeluarkan, tidak bisa dilihat langsung harus melalui web browser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar