Rabu, 22 Juli 2009

KOMAS 7

PENGENALAN DASAR-DASAR PROGRAM KOMPUTER

 

7.1  SOFTWARE APLIKASI

A.   Pengolah Kata

-       Kemampuan :

1.     Pengetikan dengan fasilitas :

-       Style cetak yaitu bisa mencetak tebal, garis bawah, cetak miring, dsb

-       Karakter asing dan khusus

-       Pemenggalan kata otomatis

-       Kemampuan membuat tabel dan mengatur tabel

-       Equation yaitu penulisan atau pengetikan matematika atau rumus-rumus

2.     Pengeditan dengan fasilitas :

-       Cut dan paste

-       Undelete dan undo

-       Search dan replace

-       Spelling checker

-       Thesaurus yaitu : untuk menemukan kata-kata yang benar tanpa melihat kamus sinonim – antonim.

3.     Pemformatan dengan fasilitas :

-       Penomoran halaman otomatis

-       Header dan footer

-       Justification

-       Catatan kaki

-       Ukuran halaman non standar

4.     Desktop publishing dengan fasilitas :

-       Font atau jenis huruf dan ukurannya

-       Kolom multiple (seperti kolom koran)

-       Style sheet

5.     Interface dengan fasilitas :

-       On-line help

-       Multiple document

-       Math

-       File impor / ekspor

-       Mail / document merge

6.     Mencetak dengan fasilitas :

-       Print preview ditampilkan pada layar

-       Print dicetak dalam bentuk hardcopy

7.     Menyimpan / merekam dokumen

 

-       Contoh software aplikasi pengolah kata yaitu :

v MS. Word

v Wordperfect

v AmiPro

v Wordstar

v Chiwriter, dsb

 

B.   Spreadsheet (Lembar Kerja yang Besar)

-       Pengolah lembar kerja yang merupakan program yang memanipulasi angka-angka dengan menggunakan rumus-rumus baik yang dibuat sendiri atau yang sudah ada di spreadsheet

-       Ciri-ciri program spreadsheet :

1.     Memiliki fasilitas fungsi, yaitu :

-       Sum : untuk menjumlahkan angka-angka pada cell yang dipilih

-       Average : nilai rata-rata dari angka-angka pada cell yang dipilih

-       Minimum dan maksimum : untuk nilai minimum dan maksimum dari angka-angka pada cell yang dipilih

-       Masih banyak lagi fungsi-fungsi yang ada dan biasanya fungsi tersebut berkaitan dengan

v Matematika

v Financial

v Word

v Date

v Database

v Logical

v Statistical

2.     Tool-tool manipulasi dengan fasilitas :

-       Copy

-       Move

-       Erase

-       Freezing titles

3.     Formating tool dengan fasilitas :

-       Text

-       Column

-       Range

-       Hiding column

-       Sort

-       Page graph

4.     Feature grafik dengan fasilitas :

-       Variasi diagram

-       Konversi warna

-       Menonjolkan diagram pie

-       Perspektif 3-D

-       Pemformatan teks

-       Tool gambar

5.     Mencetak lembar kerja

6.     Menyimpan lembar kerja

 

-       Contoh software yaitu :

v Lotus 123

v MS. Excel

v Quattro Pro

 

C.   Grafik

-       Program grafik adalah semua program yang merancang image, gambar, desain yang dapat dilihat pada layar dan dicetak

-       Kemampuan :

1.     Tool program paint

-       Biasanya digunakan untuk membuat sketsa, chart, gambar-gambar dengan tujuan tertentu misalnya pembuatan logo perusahaan.

-       Fasilitasnya :

v Merquee dan lasso yaitu memilih area gambar

v Hand tool / grabber yaitu memindahkan gambar

v Text tool

v Paint bucket

v Tool gambar

v Zoom

v Ekspor / impor file

v Manghapus

2.     Program draw dengan fasilitas

-       Tool pick : memilih objek.

-       Tool text

-       Eraser

-       Impor / ekspor file

-       Layering

-       Library

3.     Grafik presentasi dengan fasilitas

-       Grafik garis

-       Grafik batang atau kolom

-       Grafik area

-       Diagram pie

-       Diagram teks

-       Konversi warna

-       Spreadsheet link

-       Chart gallery

-       Impor / ekspor file

4.     Mencetak objek

5.     Menyimpan objek

 

-       Contoh software

v Corel draw

v Freehand

v MS. Power Point

v Paint Brush, dsb

 

D.   Desktop Publishing

-       Desktop publishing yaitu progrma yang digunakan untuk setiap pekerjaan dengan tujuan akhir adalah suatu rancangan halaman yang baik

-       Desktop publishing, diselesaikan dengan software khusus yang dapat mengerjakan hampir segala hal yang dihasilkan oleh program lain pada komputer.

-       Contoh softwarenya :

v Ventura publisher

v Page maker, dsb

-       Menggunakan program desktop publishing, yaitu :

1.     Page setup, mengatur ukuran halaman

2.     Menetapkan parameter

3.     Membuat masthead, memasukkan semua teks dan grafik

4.     Membuat style, yang dapat digunakan berulang untuk menghemat waktu

5.     Mengimpor teks ke dalam dokumen

6.     Meletakkan grafik

7.     Pemotongan dan penempelan akhir

-       Kemampuan toolnya :

1.     Kemampuan lay out dokumen, diantaranya :

-       Pemformatan kolom

-       Aliran teks secara otomatis

-       Penyisipan halaman yang otomatis

-       Penomoran halaman yang otomatis

-       Page display dan zooming

-       Header dan footer

-       Menentukan ukuran halaman (portrait / landscape)

-       Snap-to-grid

2.     Kemampuan teks, diantaranya :

-       Teks style

-       Spasi antar baris

-       Spasi antar huruf

-       Spasi antar kata

-       Rotasi teks

-       Spell check

-       Pemenggalan kata

-       Pembuatan tabel

3.     Kemampuan grafik, diantaranya :

-       Drawing tools

-       Fill pattern

-       Scaling

-       Reversing

4.     Kemampuan mencetak, diantaranya :

-       Color printing

-       Print order control

-       Printer support

5.     Kemampuan Impor, diantaranya dari program lainnya :

-       Pengolah kata

-       Grafik

-       Spreadsheet

-       Database

 

E.    Sistem Manajemen Database

-       Database yaitu sekumpulan data yang terorganisir yang digunakan dalam suatu organisasi

-       DBMS (Database Management System), kumpulan data yang saling berhubungan dan himpunan program untuk mangaksesnya sehingga memungkinkan kita untuk :

v Memasukkan data

v Menemukan informasi / data

v Meng-edit

v Mencari

v Mengurutkan data

v Menampilkan informasi yang diperlukan

-       Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan fasilitas yang tepat dan efisien dalam pengambilan (retrieving) dan penyimpanan (storing) infromasi dari / ke dalam basis data.

-       Manfaatnya antara lain :

v Menghindari redudansi dan ketidakkonsistenan data

v Memudahkan dalam mengakses data

v Menghindari isolasi data

v Memudahkan koordinasi untuk user yang banyak

v Integrasi data dapat terkontrol

-       Penggunaan DBMS

1.     Mendesain struktur database

-       Untuk itu perlu dikenali komponen-komponen tabel database, yaitu :

v Field, menggambarkan kolom yang terdapat dalam tabel

v Record, menggambarkan baris yang terdapat dalam tabel

v Tabel, kumpulan record, field dan nama-nama field yang membentuk tabel database (file database)

-       Dalam merancang struktur database yang harus dilakukan adalah :

v Menetapkan nama-nama field

v Menetapkan panjang masing-masing field

v Menetapkan tipe data masing-masing field, yaitu teks, numerik, tanggal, dsb

2.     Membuat struktur tabel

-       Memberi nama file database dengan menerapkan hasil rancangan struktur database dengan menggunakan software DBMS

3.     Memasukkan Data

-       Yang dapat dilakukan pada tahapan ini adalah :

v Memasukkan data baru

v Mengubah data

v Menghapus data

4.     Mendesain Laporan

-       Yaitu : merancang bentuk laporan dan mencetak laporan

 

-       Kemampuan lain dari Software DBMS, yaitu :

1.     Query yaitu teknik fundamental yang dapat digunakan untuk menangani database, yang memungkinkan kita mengajukan pertanyaan tentang database kita.

2.     Pengindeksan dan pengurutan yaitu untuk memudahkan pencarian.

3.     Bahasa Pemrograman, yaitu memungkinkan untuk mengembangkan aplikasi database kita

4.     Relational File, yaitu memungkinkan bisa menghubungkan database satu dengan database lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar