Rabu, 22 Juli 2009

KOMAS 1

MATERI  I

 

1.1  PENDAHULUAN

 

Apakah Komputer itu ?

-       Komputer adalah mesin elektrik yang dibuat dengan tujuan umum untuk membantu dalam menyelesaikan pekerjaan manusia

 

-       Komputer sangat baik dalam hal-hal yang membuat otak manusia menjadi kaku, seperti :

v Perhitungan

v Penyimpanan catatan

v Pengalaman trial and error

v Komunikasi

v Pengumpulan informasi

v Masih banyak tugas manajerial lainnya yang terlibat dalam mengungkapkan ide ke dalam realitas

 

-       Alasan untuk menggunakan komputer dalam menyelesaikan hal-hal yang diatas, yaitu :

v Kemampuan yang menakjubkan yaitu kecepatannya dalam memproses data dengan interval waktu berikut ini :

1.     Milisecond (ms) yaitu 1 / 1.000 detik

2.     Microsecond (ms) yaitu 1 / 1.000.000 detik

3.     Nanosecond (ns) yaitu 1 / 1.000.000.000 detik

4.     Picosecond (ps) yaitu 1 / 1.000.000.000.000 detik

v Kemampuan dalam ketepatannya, komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah sehingga tidak mengalami kesalahan kalaupun mengalami kesalahan jika :

1.     Kompnennya rusak (metal fatique)

2.     Data input salah, maka hasilnya akan salah

3.     Program komputer kena virus

v Kemampuan mempunyai ingatan (memory) yang besar.

 

-       Walaupun lebih unggul dari manusia tetapi ada beberapa hal yang tidak menyamai manusia, yaitu :

v Manusia mempunyai inisiatif

v Manusia dapat beradaptasi terhadap situasi tertentu

v Manusia mempunyai perasaan untuk membuat pertimbangan dan perkiraan (peramalan)

 

Apa yang dapat komputer lakukan ?

-       Komputer dengan beberapa program dapat menyelesaikan jenis pekerjaan yang kita inginkan, seperti :

1.     Program word processing, untuk menulis atau mengetik setiap dokumen misalnya :

Ø Surat

Ø Memo

Ø Dokumen resmi

Ø Surat perjanjian

Ø Laporan

Ø Artikel buku

Ø Formulir surat, dsb.

2.     Program grafik dan desktop publishing, untuk menyederhanakan pembuatan berikut ini :

Ø Logo sampai grafik bisnis

Ø Laporan berkala sampai buku

Ø Iklan sampai katalog, dsb.

3.     Program manajemen database, untuk menangani sekumpulan data yang lebih besar (informasi), seperti :

Ø Daftar pelanggan

Ø Inventaris

Ø Invoice, dsb.

4.     Program spreadsheet, lembar buku besar untuk mempercepat semua tipe perhitungan matematis, seperti :

Ø Daftar harga barang, dengan perhitungan matematisnya

Ø Standar deviasi (normal)

Ø Pembuatan tabel, dsb.

5.     Program komunikasi, untuk mengakses informasi yang cepat dalam jumlah yang sangat banyak yang disimpan dalam komputer di seluruh dunia, seperti :

Ø Web site

Ø E-mail

Ø E-commerce

Ø K-commerce, dsb.

6.     Program pendidikan, yang menyediakan aktivitas dalam pendidikan, seperti :

Ø Geografi

Ø Matematika

Ø Kimia

Ø Logis, dsb.

7.     Program entertainment, untuk santai dengan berbagai variasi permainan komputer, seperti :

Ø Fifa soccer 2000

Ø Combat

Ø Dragon, dsb.

 

 

 

 

1.2  SISTEM KOMPUTER

 

Apakah sistem itu ?

-       Sistem adalah sekumpulan elemen-elemen yang menjadi satu-kesatuan untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati atau tertentu.

 

Apakah sistem komputer itu ?

-       Pengertian dari sistem komputer tergantung pada bagaimana seseorang memandang dari sudut bidang keilmuannya.

Contoh :

 

Menurut Donald H. Sanders dalam bukunya Computer Today

“sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memory”.

 

Menurut William M. Fuori dalam bukunya Introduction to The Computer, The Tool Of Business

“suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan arithmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan”.

definisi diambil dari America National Standar Institute dan disepakati dalam pertemuan International Organization for Standardization Tehnical Committee

 

 

1.3  OPERASI KOMPUTER

 

Bagaimanakah komputer bekerja ?

-       Komputer merupakan alat elektronik yang bekerja pada suatu kondisi yang secara elektronik yaitu keadaan on dan off.

 

-       Dengan konsep bilangan biner yang hanya mengenal konstanta 0 dan 1, maka kondisi on dan off tadi bisa terwujud yaitu 0 dikondisikan off dan 1 dikondisikan on.

 

-       Maka komputer bekerja dengan konsep bilangan biner, selama ini kita mengenal bilangan desimal. Bilangan desimal akan diterjemahkan ke bilangan biner.

Contoh :

(9)10 = (1001)2

(7)10 = (0111)2

 

-       Bilangan lainnya yang mendasari untuk proses komputer yaitu Hexadecimal (0..F), octal (0..7).

 

-       Konsep elektronik tadi yang terwujud dalam bentuk fisik sebuah komputer yaitu CPU, Monitor, Keyboard, Mouse dan sebagainya (dalam bentuk fisik) yang dalam istilah komputer disebut Hardware / perangkat keras.

 

-       Dengan adanya perangkat keras komputer maka satu komponen terpenuhi dalam rangka penyelesaian pekerjaan yang berbasis komputer.

 

-       Software (perangkat lunak) merupakan komponen yang berikutnya yang akan menunjang hardware

Berupa program yang dibutuhkan untuk menjalankan hardware, yaitu :

1.     Program sistem, yaitu berupa sistem operasi yang diperlukan untuk menjalankan hardware pertama kali.

Seperti : windows 95 – 200, MS. DOS, NOVELL, dsb.

2.     Program aplikasi, yaitu berupa program yang dapat menyelesaikan permasalahan manusia secara langsung.

Seperti : MS. Word, MS. Excel, WordStar, dsb.

 

-       Brainware yaitu orang yang menjalankan hardware dan software, atau dikatakan user (operator) sistem komputer.

 

-       Ketiga komponen (hardware, software, dan brainware) merupakan satu-kesatuan untuk menjalankan suatu masalah pekerjaan yang berbasis sistem komputer.

 

Bagaimanakah kondisi komputer dalam menyelesaikan pekerjaan (proses) ?

-       Komputer dalam menyelesaikan masalah pekerjaan (proeses) yaitu :

v Konstan

v Tidak mengenal lelah

v Tidak mengenal perasaan

sehingga penyelesaian masalah pekerjaan (proses) secara cepat dan tepat.

-       Kebalikannya manusia yaitu tidak konstan, mengenal lelah dan dengan perasaan sehingga hasil agak lambat dan kurang tepat bila dibandingkan dengan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar